IMPLEMENTASI DAQU METHOD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL QUR’AN PUTRI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.

Resmi Hidayatun, 1423301242 (2018) IMPLEMENTASI DAQU METHOD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL QUR’AN PUTRI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL RESMI H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)

Abstract

Salah satu pengaruh negatif dari arus globalisasi adalah merosotnya karakter dalam diri seseorang. Hal ini dapat terlihat dari maraknya perilaku-perilaku negatif yang selama ini terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dalam hal ini, pembentukan karakter religius penting sekali diterapkan sejak dini dalam diri anak, agar nantinya anak memiliki pondasi kuat yang dapat menyaring dari perilaku-perilaku negatif serta mempunyai jiwa disiplin dan tanggungjawab dalam meenjalankan ibadah secara teratur. Di rumah tahfidz daarul qur’an putri purwokerto terdapat aktivitas yang mewajibkan anak-anak untuk selalu mengamalkan daqu method yang merupakan keteraturan ibadah terhadap Allah SWT yang dijalankan secara bersama-sama dan istiqomah. Dari alasan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti Implementasi Daqu Method dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putri Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembentukan karakter religius anak di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research , yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Pengasuh, Ustadz pengampu, dan anak-anak Rumah Tahfidz Daarul Qur’an putri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi daqu method dalam pembentukan karakter religius anak di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putri Purwokerto Kabupaten Banyumas menunjukkan adanya indikator karakter religius Ada 6 kegiatan yang tercantum dalam daqu method yaitu: 1) Shalat berjamaah, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius, diantaranya a) taat kepada Allah, b) bertanggung jawab, c) disiplin, dan d) taat peraturan. 2) Shalat tahajud, dhuha, dan qabliyah & ba’diyah, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius diantaranya: a) taat kepada Allah, b) disiplin, c) bertanggung jawab. 3) Sedekah dan puasa sunnah, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius, diantaranya a) hemat, peduli kepada sesama, empati dan pemurah, b) taat pada Allah, jujur, dan sabar. 4) Menghafal al-Qur’an, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius, diantaranya: a) taat kepada Allah, b) sabar, c) bekerja keras, dan d) tekun. 5) Belajar dan mengajar, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius, diantaranya: a) cinta ilmu, b) tekun, c) bersemangat, d) mandiri, dan e) percaya diri. 6) Doa, dalam kegiatan ini terdapat indikator karakter religius, diantaranya: a) tawakal, b) qanaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Daqu Method, Pembentukan Karakter Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2018 01:47
Last Modified: 28 Nov 2018 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item