PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AQIDAH DI MADRASAH DINIYAH AL HUDA DESA KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

SITI MUAMALAH, NIM 1123308055 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AQIDAH DI MADRASAH DINIYAH AL HUDA DESA KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI MUAMALAH_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AQIDAH DI MADRASAH DINIYAH AL HUDA DESA KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Madrasah Diniyah Al Huda Desa Karangrau Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas merupakan lembaga pendidikan non formal yang mendidik anak-anak khusus pelajaran Agama yang salah satunya dengan melaksanakan pembelajaran akidah. Pembelajaran aqidah sangat penting untuk diberikan kepada anak sejak mereka duduk dibangku madrasah karena aqidah merupakan dasar-dasar pokok kepercayaan atau keyakinan hati seorang muslim yang bersumber dari ajaran Islam yang wajib dipegangi oleh setiap muslim sebagai sumber keyakinan yang mengikat. Pembelajaran aqidah diberikan dengan metode yang variatif, agar anak tertarik untuk melakukan pembelajaran. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran aqidah di Madrasah Diniyah Al Huda Desa Karangrau Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran aqidah di Madrasah Diniyah Al-Huda dan juga untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran aqidah di Madrasah Diniyah Al Huda dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.Subyek penelitian adalah Siti Mahmudah dan Zuhrotul Fuadiyah selaku guru pengampu pelajaran aqidah kelas II dan III. Obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran aqidah. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: guru mata pelajaran aqidah yakni Siti Mahmudah dan Zuhrotul Fuadiyah terbukti telah melakukan pembelajaran aqidah dengan berbagai metode, seperti metode demontrasi, tanya jawab, diskusi, kisah dan lain-lain. Disamping itu Siti Mahmudah dan Zuhrotul Fuadiyah juga telah menggunakan berbagai media seperti papan tulis, gambar, poster, buku panduan dan juga media lain dalam melaksanakan pembelajaran aqidah. Secara umum, pelaksanaan pembelajaran aqidah meliputi beberapa tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Aqidah,dan Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:49
Last Modified: 15 Jul 2016 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item