PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA

Nifira Arsyida Ramadhianty, 1423301019 (2018) PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
NIFIRA ARSYIDA RAMADHIANTY_PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL DI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pendidikan agama khususnya Islam di Indonesia saat ini masih belum optimal. Pendidikan agama Islam masih sebatas pengetahuan (Transfer of Knowledge), belum bahkan tidak sampai pada kedalaman pemahaman (Transfer of Values). Padahal, bentuk keberhasilan pendidikan agama sesungguhnya terletak pada sejauh mana kedalaman “nilai” yang dilaksanakan setiap hari. Pendidikan berbasis spiritual bersifat menyeluruh (universal) dan tak berbatas (unlimited), sehingga dapat menjadi salah satu alternatif baru dalam konsep dunia pendidikan masa kini dan seterusnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Muhammadiyah 1 Banjarnegara merupakan sekolah yang mengedepankan nilai-nilai spiritual. Menggunakan konsep dari 7 Falsafah Ajaran KHA Dahlan yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran dan program sekolah diantaranya: pembiasaan pagi, materi Al Islam, dan outing class. Adapun pengaruh positif dari pendidikan berbasis spiritual yakni siswa memiliki sikap terpuji dan prestasi-prestasi di bidang non akademik. Dengan demikian, pendidikan berbasis spiritual merupakan fondasi penting bagi anak untuk membekali dirinya dalam mengahadapi persoalan hidup di jenjang berikutnya.menerapkan Qur’any 1 dan 2 saja dengan: 1) Tahap prapelaksanaan (persiapan) meliputi pelatihan guru qur’any dan persiapan sebelum mengajar; 2)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Spiritual, KHA Dahlan, Konsep, Implementasi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Nov 2018 01:12
Last Modified: 13 Nov 2018 01:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item