IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS I MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Sri Gati Rianing Astuti, 1423305218 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS I MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
SRI GATI RIANING ASTUTI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL T.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teahing and Learning dalam pembelajaran di kelas I MI Ma’arif NU Karangnangka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tentang implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran di kelas I MI Ma’arif NU Karangnangka. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran di kelas I MI Ma’arif NU Karangnangka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran di kelas I sudah cukup baik diterapkan melalui tiga tahap pembelajaran yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Ketiga tahap tesebut memuat tujuh komponen yang ada dalam CTL yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Meskipun dalam pelaksanaannya ada materi yang semestinya dipraktikan dalam pertemuan yang sama, tapi tidak dipraktikan karena beberapa faktor. Adapun faktor pendukung penerapan pendekatan CTL di kelas I yaitu adanya kemampuan dan kreativitas guru, kondisi dan kesiapan siswa dan suasana kelas yang menyenangkan. Sedangkan, faktor penghambat penerapan pendekatan CTL yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, adanya siswa yang belum lancar membaca dan adanya perbedaan latar belakang yang dimiliki individu siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran, siswa kelas I.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Nov 2018 04:23
Last Modified: 12 Nov 2018 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item