PenerapanStrategiPembelajaranKooperatifTipe Jigsaw DalamPembelajaran IPSKelas V Di MIMuhammadiyahKutasariKecamatanKutasariKabupatenPurbalingga BagusNoviansyah Nim : 1423305052

BagusNoviansyah, 1423305052 (2018) PenerapanStrategiPembelajaranKooperatifTipe Jigsaw DalamPembelajaran IPSKelas V Di MIMuhammadiyahKutasariKecamatanKutasariKabupatenPurbalingga BagusNoviansyah Nim : 1423305052. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
BAGUS NOVIANSYAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Perubahanparadigmadalambidangpendidikandanberbagaiperkembangandalambidangilmupengetahuandanteknologitelahmembawaperubahanterhadappendekatan yang digunakandalam proses belajar-mengajar. Pendekatan yang tadinyaberpusatkepada guru melaluimetodekonvensional yang menjadikan guru aktifdalammenyampaikanpembelajarannamunsiswapasif di dalampembelajaran, sekarangmulaiberubahmenjadipendekatan yang berpusatkepadasiswamelaluiberbagaimacammetodepembelajaran yang menjadikansiswaaktifdalamkegiatanpembelajaran, dan guru sebagaifasilitatorbagisiswa dalam pembelajaran. Adanyaperubahanparadigmadalampendidikaninimembawadampak yang positifbagisiswa, salahsatunyapadatingkatkecerdasannya.Siswamengalamikecerdasantidakhanyadalamsegikognitifsaja, akantetapijugamengalamikecerdasanavektifdanpsikomotor. Perubahan inisudahmulaidikembangkan di berbagailembagapendidikandarimulaipendidikandasarsampaipendidikantinggi, dansalahsatunyaterdapat di MI MuhammadiyahKutasariKabupatenPurbalingga. Padapenelitian yang penelitilakukantepatnyapadapembelajaran IPS semester II di kelas V. Berdasarkan latarbelakang diatas, maka peneliti rumuskan permasalahan sebagai berikut: “Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Di MI Muhammadiyah Kutasari Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga?”. Penelitian yang peneliti lakukan termasuk penelitian lapangan atau field research dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu sesuatu penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti sesuai dengan keadaan yang terjadi secara nyata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 macam teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan 3 teknik yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran dimulai dari penjelasan materi, tanya jawab, siswa membentuk kelompok asal, membentuk tim ahli untuk mengerjakan soal penugasan dengan cara diskusi kelompok, kembali ke kelompok asal dengan melakukan peer teaching, dan kesimpulan. Kata-kata kunci: Mata pelajaran IPS dan stategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata pelajaran IPS dan stategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 07:13
Last Modified: 08 Nov 2018 07:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item