KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI MUHAMADIYAH BEJI

NARULITA ERINASAHRA, 1423305116 (2018) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI MUHAMADIYAH BEJI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
NARULITA ERINA SAHRA_KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAANKELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELA IV M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan aktifitas interaksi edukatif atara guru dengan peserta didik dengan didasari oleh adanya tujuan baik berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Tujuan pembelajaran akan tercapai jika guru mampu mengelola kelas dengan baik. Seperti halnya guru kelas IV MI Muhammadiyah Beji mengelola kelas dengan baik pada pembelajaran tematik. Untuk mengoptimalkan pembelajaran dibutuhkan keterampilan dasar mengajar yang baik. Oleh karena itu guru perlu memiliki keterampilan dasar mengajar. Salah satunya yaiu mengelola kelas. Diantaranya yaitu keterampilan dalam menciptakan pembelajaran yang optimal, keterampilan mengendalikan iklim kelas, keterampilan mempertahakan iklim kelas, dan keterampilan mengembangka iklim kelas. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan digolongkan dalam studi kasus deskriptif kualitatif. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumntasi dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik kelas IV MI Muhammadiyah Beji dilakukan melalui 4 tahap diantaranya yaitu: (1) Penciptaan pembelajaran yang kondusif dalam pembelajaran tematik dengan cara mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, penggunaan metode dan strategi mengajar, mengalihkan konsentrasi peserta didik, jelas dalam menyampaikan meteri pembelajaran tematik dan pemberian instruksi, memberikan sikap tanggap dengan teguran, mengontrol kepedulian dengan pengamatan, serta pengelompokan kelompok. (2) Pengendalian pembelajaran agar kondusif dalam pembelajaran tematik yaitu dengan pemberian peringatan, mengendalikan peserta didik dengan modifikasi perilaku dengan pendekatan, mengatasi gangguan di kelas dengan teguran, serta pengelolan kelompok dengan heterogen. (3) Mempertahankan iklim kelas agar kondusif dalam pembelajaran tematik yaitu dengan memotivasi peserta didik, membagi pandagan secara merata kepada peserta didik, membagi perhatian kepada peserta didik yang benar-benar membutuhkan, pembawa guru yang ramah, serta sikap yang tegas. (4) Pengembngan iklim kelas agar tetap kondusif dalam pembelajaran tematikyaitu dengan kemampuan mengambil tindakan, memberikan rasapercaya dan nyaman kepada peserta didik, memberikan motivasi di awal, tengah maupun akhir pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik, MI MuhammadiyahBeji.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:19
Last Modified: 08 Nov 2018 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item