PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI TELADAN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT

MUHAMMAD SUGIHARTO, 10235101 (2018) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI TELADAN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD SUGIHARTO_PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI TELADAN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dunia pendidikan dihadapkan berbagai fenomena seperti, siswa yang mencontek, tawuran, pergaulan bebas, dan tindakan kriminal lainnya. Padahal usiasekolahdasar, anakmeniru yang ada di sekitarnya. Peran guru di sini sangat penting selain mengajar juga sebagai contoh atau teladan kepada peserta didiknya. Penulis dalam observasinya kelas v MI Darul Hikmah Bantarsoka sebelummasuk kelas siswa berjabat tangan dengan gurunya. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlah sebagai teladan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas v MI Darul Hikmah, bentuk kegiatan dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas v MI Darul Hikmah, faktor pendorong dan penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas v MI Darul Hikmah, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa, peran guru akidah akhlak sebagai teladan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas v MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat dilakukan melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode ceramah, metode nasehat, hukuman, ceramah dan pengawasan. Bentuk kegiatan yang dilakukan terhadap pembentukan akhlakul karimah seperti, berjabat tangan, salam, senyum, sapa, BTTQ (Baca Tulis dan Ttahfidz Qur’an), hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari dan iqro’, sholat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, hadroh, seni baca Qur’an (tilawah), kaligrafi. Faktor pendorong terbentuknya akhlakul karimah pada siswa kelas v di MI Darul Hikamah antara lain faktor internal (diri sendiri), faktor eksternal yaitu, lingkungan yang menjunjung akhlak terpuji, sekolah, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari fakor internal (diri sendiri), perhatian orang tua, dan kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran,guru,akidah-akhlak,teladan,pembentukan,akhlakul,karimah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 08:38
Last Modified: 07 Jan 2019 23:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item