PEMBIASAAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLBN BANJARNEGARA

: Titis Aryani, 1423301344 (2018) PEMBIASAAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLBN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
TITIS ARYANI_PEMBIASAAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakanpetunjukbagiumatmanusia yang berlakusampaiakhirhayatmanusia. Didalam Al-Qur’an terdapathukum-hukumislam yang mengandungpengetahuantentangakidah, pokok-pokokakhlakperbuatan. Sebagaiumatmuslimmembaca Al-Qur’an, memeliharadanmengamalkanisikandungannyadalamkehidupansehari-hariadalahsuatukewajiban. Salah satucaraseseorangmemelihara Al-Qur’an yaitudenganmenghafalkanyapadasetiapgenerasi.dalammenghafal Al-Qur’an tentunyatidakmudah, tidakakanhafalhanyadengansesekalimembacanya. Selainituusaha yang bisadilakukanuntukmenghafal Al-Qur’an yaitudenganmenghafalnya yang dimualidarisuratpendekterlebihdahulu. Surat-suratpendekyaitusurat yang tedapatdalam Al-Qur’an juz 30. Suratpendekmemilikijumlahayat yang lebihsedikitdarisuratlainnya. Surat-suratpendekterdiridarisuratAnnassampaidengansurat Ad-Duha. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengertahui bagaimana pembiasaan menghafal surta-surat pendek pada anak tunagrahita di SLBNegeri Banjarnegara. Jenispenelitianinitermasukdalamkategoripenelitianlapangan( fieldresearcb) yaitupengumpulan data yang dilakukansecaralangsungdilokasipenelitian. Penelitian ini pengambilan latar di SLB Negeri Banjarnegara. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpukan seluruh data dan kemudian menganalisis data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitianya adalah pada pembiasaan menghafal surat-surat pendek, sedangkan subjeknya ialah siswa tunagrahita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembiasaanmenghafalsurat-suratpendekpadaanaktunagrahitadilakukan di sekolahpadapagiharidenganwalikelassebelum proses belajarmengajardandengan guru pendidikan agama islamsebelummelakanakanpembelajaranpendidikan agama islam. Selain di sekolahsiswajugamelaksanaknpembiasaanmengafalsurat-suratpendek di rumahdengandibimbingoleh orang tua.Dalammenghafalsurat-suratpendek guru menggunakan 3 metode.Yaitumetodetalqin, sima’idanpermainan.Adapuntujuandaripembiasaanmenghafalsurat-suratpendekdilakukanyaitu agar dalamkehidupansehari-harianaktunagrahitalebihpercayadiridantidakmerasaberbedadengananak normal lainnya yang memilikikelebihandankekuranganmasing-masing. Serta membentuksikapketakwaankepada Allah SWT, beriman ,berilmudanmemilikiakhlak yang mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Menghafal, Surat-surat Pendek, Anak Tunagrahita.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:33
Last Modified: 06 Nov 2018 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item