RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA

ASA SEPTARINI, 1423301127 (2018) RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
ASA SEPTARINI_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
ASA SEPTARINI_RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP SANTO BORROMEUS PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Religiusitasdiwujudkandalamberbagaisisikehidupanmanusia.Aktivitaskeberagamaanbukanhanyaterjadiketikaseseorangmelakukanperilaku ritual (beribadahkhusus) sajatetapijugaketikamelakukanaktivitaskehidupanlainnya.Religiusitastidakhanyaberkaitandenganaktivitas yang dapatdilihatmata, tetapijugaaktivitas yang tidaktampakdanterjadi di dalamhatisanubariseseorang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang berlokasi di SMP Santo BorromeusPurbalingga yang digunakanuntukmenelitireligiusitaspesertadidikmuslimsecaramendalamsesuaidenganapa yang dipahamidandirasakanolehsubjekpenelitian yang bersangkutan. Pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Data yang diperolehkemudiandianalisissecaradeskriptif-analitis, artinyahasilanalisisberupapemaparangambaransituasi yang ditelitidalambentuknaratif.Analisa data dilakukandenganmenggunakanpolainduktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwareligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalinggadilihatdaridimensiReligious Belief, Religious Practice, Religious Feeling, Religious Knowledge, danReligious Effect masihkurangbaik. Upaya yang dilakukanpihaksekolahuntukmeningkatkanreligiusitaspesertadidikmuslim di antaranya: memberitoleransiberibadah, memberinasehat, memberiteladan, dankegiatanBinaIman. Terdapatduafaktor yang mempengaruhireligiusitaspesertadidikmuslim di SMP Santo BorromeusPurbalingga, yaitu: faktorpendukungdanfaktorpenghambat. Faktorpendukungterdiridari: kebijakanpemerintah yang memberikanaturantentangpendidikantoleransiberibadah, kebijakansekolah yang memberikantoleransiberibadah, danterwujudnyakerjasama yang baikantarwargasekolah. Faktorpenghambatterdiridari: tingkatkemampuanataukematanganemosionalpesertadidik yang tidaksama, tidakdisediakannyaruangataufasilitasberibadahbagipesertadidikmuslim, keterbatasanwaktudalampembelajaranyaitutidakadamatapelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) danketerbatasanwaktudalamkegiatanBinaIman, kurangnyapengawasanorangtuasaat di rumah, dankurangyakesadarandalamdirimasing-masingpesertadidikmuslimuntukmeningkatkanreligiusitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: religiusitasdanpesertadidikmuslim.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:31
Last Modified: 06 Nov 2018 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item