KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I PEKUNCEN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS Dewi Rani Ekawati NIM. 1423301218

Dewi Rani Ekawati N, 1423301218 (2018) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I PEKUNCEN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS Dewi Rani Ekawati NIM. 1423301218. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DEWI RANI EKAWATI_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI I PEKUNCEN KEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pendidikan tidak lepas dari seorang guru yang mendidik. Guru merupakan kunci utama dalam keberhasilan suatu pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian guru sangat erat kaitannya dengan kualitas pribadi seorang guru. Dimana sebagai guru mampu mengelola perilaku pribadinya agar mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang patut digugu (didengar nasehatnya) dan dititu (diikuti) oleh peserta didiknya. Dengan memiliki ciri pribadi guru yang baik maka ia akan menjadi suri tauladan bagi peserta didik dan juga teladan bagi masyarakat disekitarnya, sehingga hal ini akan mempermudah bagi guru dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Pekuncen Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas? Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, kepala SMP Negeri 1 Pekuncen, guru dan karyawan SMP Negeri 1 Pekuncen serta peserta didik. Dan penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara atau interview. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Hubberman yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Dari hasil penelitian menunjukan: kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Pekuncen memiliki kepribadian guru yang disiplin, tegas, tanggung jawab, peduli, jujur, adil, menjadi guru yang teladan bagi peserta didik, dan menanamkan akhlak mulia kepada peserta didik, kepribadian tersebut sesuai dengan kompetensi kepribadian guru yang ada dalam permendiknas No. 16 Tahun 2007. Namun dari segi kreativitas seorang guru diluar ruangan kelas masih dirasa kurang bisa memanfaatkannya dengan baik, walaupun demikian, ini tidak mengurangi kualitas kompetensi kepribadian di SMP Negeri 1 Pekuncen. Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, Guru, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:12
Last Modified: 31 Oct 2018 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item