UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS NEGERI 2 BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 TIA FAUZY 1423301251

TIA FAUZY, 1423301251 (2018) UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS NEGERI 2 BOBOTSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 TIA FAUZY 1423301251. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TIA FAUZY_UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR MAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada madrasah yang memberikan pendidikan kepada siswa untuk memahami Al-Qur’an Hadits sebagai sumber ajaran agama Islam dan mengamalkan isi kandungannya sebagai petunjuk hidup dalam kehidupannya sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar Mengajar Mata Pelajaran AL-Qur’an Hadist di MTs Negeri 2 Bobotsari Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanpelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan keberhasilan belajar mengajar mata pelajaran AL-Qur’an Hadist meliputi upaya guru secara personal (peningkatan pedagogik, peningkatan kompetensi kepribadian, peningkatan kompetensi profesional), peningkatan guru secara operasional (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran), macam-macam metode (metode membaca, metode penugasan, metode menghafal dan metode langsung). Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifgunamelengkapi data danmembandingkandengan data yang telah di temukanmelaluidokumentasi, observasidanwawancara. Dengan menggunakan model deskriptif.Sasaranpenelitianadalahguru mata pelajaran qur’an hadist, kepala sekolah dan siswa kelas delapan. Dalammenganalisis data yang diperolehdarihasilpenelitian, penulismenggunakanteknikanalisis data yang terdiridarikegiatanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Berdasarkan hasilpenelitian dan analisis data penulismenunjukanbahwa upaya yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan keberhasilan belajar mengajar mata pelajaran qur’an hadist telah menunjukan hasil yang baik, hal ini dikarenakan dengan penggunaan metode yang dilakukan seperti metode membaca, metode menghafal, metode penugasan dan metode langsung yang dilakukan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, AL-Qur’an Hadist
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:42
Last Modified: 31 Oct 2018 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item