MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMBAGI SISWA TUNA RUNGU KELAS VIIISMPLB YAKUT PURWOKERTO HERMAN FELANI NIM. 1423303051

HERMAN FELANI, 1423303051 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMBAGI SISWA TUNA RUNGU KELAS VIIISMPLB YAKUT PURWOKERTO HERMAN FELANI NIM. 1423303051. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
skripsi full herman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuna rungumerupakanistilah yang di gunakanuntukmenyebutatau orang yang telahmemilikikemampuanintelaktual di bawah rata-rata danmemilikiketidakcakapandalamberinteraksisosial.Pendidikansangatpentingdilakukanuntukmengembangkanpotensisetiapmanusiabaikuntukanak normal maupunberkebutuhankhusus.Melaluipendidikanumumsiswa tuna rungubisamengembangkanpotensi yang merekamiliki, sedangkanmelaluipendidikan agama khususnyapendidikan agama Islam merekadiberipembiasaanakhlakdankepribadianterpuji. Setiap proses pembelajaranperludilakukanpengukuranhasilbelajaruntukmengetahuikeberhasilanpembelajaran. Untukituperludiadakanevaluasigunamengukurhasilbelajarpesertadidik. Agar evaluasibisaberjalansecaraefektifdanefisiendibutuhkansebuahsistemmanajemenuntukmengaturjalannyakegiatanevaluasi.Manajemenevaluasimenekankanpada proses perjalanansuatukegiatanmulaidariawalperencanaanhinggaberujungpadatindaklanjut yang diambilsekolahpada proses evaluasi. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) menggunakanpendekatanstudikasusdeskriptifkualitatif.Dalampengumpulan data, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Subjekpenelitianterdiridarikepalasekolah, wakakurikulumdan guru kelas VIII SMPLB Yakut Purwokerto.Dari hasilpenelitiankemudian data dikumpulkandandianalisis, kemudian data tersebutdireduksi, selanjutnya data tersebutdisajikandandilakukanpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa proses ManajemenEvaluasiPendidikan Agama Islam yang dilakukan di kelas VIII tuna rungu SMPLB Yakut Purwokertomeliputi: (a) perencanaanevaluasimeliputiidentifikasipesertadidik, menentukantujuan, materievaluasi, waktupelaksanaan, pembiayaan, penataanruangujian, dantatatertibujian; (b) pengorganisasianevaluasimeliputipembagiankerja, pengorganisasianruangujian, danpembuatansoal; (c) pelaksanaanevaluasimeliputipengondisiansiswa, pembagiansoal, bimbinganpengerjaansoal, pengawasanujian, danpengumpulanlembarjawaban; (d) pengawasanevaluasi; (e) tindaklanjuthasilevaluasimeliputimengadakanremidial, mengulangipelajaran, mengadakankenaikankelas, ujiansusulan, pelaporandankonsultasiwalimuriddenganpihaksekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : ManajemenEvaluasi, Pendidikan Agama Islam, Tuna Rungu, SMPLB Yakut Purwokerto.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Oct 2018 04:06
Last Modified: 31 Oct 2018 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item