PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTUL HIDAYAH TANJUNG PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS CAHYANI MUGIARTI NIM: 1423301311

CAHYANI MUGIARTI, 1423301311 (2018) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTUL HIDAYAH TANJUNG PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS CAHYANI MUGIARTI NIM: 1423301311. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
CAHYANI MUGIARTI_PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Banyaknya metode untuk mempelajari membaca Al-Qur’an, diantaranyaadalah metode Qiroati. Metode Qiroati adalah Salah satu metode pembelajaranmembaca Al-Qur’an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepatdan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid.Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanapembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung?.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’andengan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung dilaksanakan 6 kali dalam seminggu. Langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung adalah pertama kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santriterlebih dahulu. Kemudian setelah mengkondisikan santri, ada kegiatan klasikal dulu dan dilanjutkan kegiatan inti yaitu membaca qiroati. Setelah kegiatan yaitu kegiatan penutup yaitu ustadz/ustadzah memberikan materi tambahan yang ada buku materi tambahan. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung yaitu dengan tes lisan juga tertulis yang dievaluasi oleh ustadz/ustadzah kelas masing – masing dan baru kepala TPQ jika akan menaikkan jilid santri. Kata Kunci : Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:25
Last Modified: 31 Oct 2018 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item