PENERAPAN TEKNIK MODELLING DALAM PROSES KONSELING UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN Tingkat SMALB di SLB C Yakut Purwokerto DIAH NURUL ISLAMI 1423101058

DIAH NURUL ISLAMI, 1423101058 (2018) PENERAPAN TEKNIK MODELLING DALAM PROSES KONSELING UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN Tingkat SMALB di SLB C Yakut Purwokerto DIAH NURUL ISLAMI 1423101058. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DIAH NURUL ISLAMI PENERAPAN TEKNIK MODELLING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia yang terlahir ke dunia ini pastilah memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada anak yang lahir dengan kondisi yang normal dan ada anak yang lahir dengan membawa kelainan-kelainan baik secara fisik maupun mental, salah satunya anak tunagrahita. Maka dari itu perlunya pendidikan dan bimbingan berupa penerapan teknik modelling dalam proses konseling untuk meningkatkan atensi bagi anak tunagrahita ringan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik modelling dalam proses konseling untuk meningkatkan atensi bagi anak tunagrahita ringan tingkat SMALB di SLB C Yakut Purwokerto. Dalam penerapan teknik modelling dalam proses konseling untuk meningkatkan atensi bagi anak tunagrahita ringan tersebut dapat melalui teori Modelling yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Dalam teknik modelling ini proses yang digunakan adalah konseling individu dan konseling keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Seubyek penelitian adalah Dua Orang Guru Pembimbing, Kepala Sekolah, dan Orang Tua Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teknik Modelling yang diterapkan oleh Guru yaitu dengan memberikan arahan dan mencontohkan dalam hal-hal yang nyata dan berupa perpaduan bimbingan agama, mental, dan kemandirian, karena dengan dicontohkan anak dapat menerapkan dalam keseharian mereka. Misalnya tidak mengulangi kesalahanya kembali, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modelling, Atensi, Konseling, Anak Tunagrahita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Oct 2018 01:32
Last Modified: 22 Oct 2018 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item