PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI MI MA’ARIF 08 KEDAWUNG KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP Rina Ayu Setiyaningsih 1423305077

Rina Ayu Setiyaningsih, 1423305077 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI MI MA’ARIF 08 KEDAWUNG KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP Rina Ayu Setiyaningsih 1423305077. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
RINA AYU SETIYANINGSIH_PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika yang diakui sebagai mata pelajaran yang sulit, menakutkan, dan tidak menyenangkan. Selain itu, kurangnya kreatifitas guru terhadap proses pembelajaran matematika sehingga membuat siswa merasa jenuh terhadap mata pelajaran Matematika. Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika yang dikombinasikan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran akan melahirkan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan penjelasan tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif 08 Kedawung yang sesuai dengan teori menurut Hans Freudental. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika sesuai dengan karakteristik penggunaan konteks berupa masalah dunia nyata, penggunaan model untuk mematematisasi pogresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas antar siswa, dan keterkaitan antar konsep. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:07
Last Modified: 16 Oct 2018 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item