PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

Mugi Lestari, NIM. 1423301189 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUGI LESTARI_PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 PURWOK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Lickona menyebutkan untuk membentuk karakter yang baik didalamnya meliputi pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Ketiga proses tersebut dapat ditanamkan dalam diri siswa melalui pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang didalamnya terdapat nilai-nilai dan pesan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Purwokerto. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala secara apa adanya. Penulis terjun langsung kelapangan untuk menganalisis bagaimana pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Purwokerto yang kemudian dideskripsikan melalui penelitian menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Purwokerto yang meliputi aktivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah model Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, mereduksi data, dan menyajikan data kedalam pola, dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik yaitu dengan cara mengecek kredibilitas data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Purwokerto, dapat ditarik kesimpilan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Purwokerto sudah dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Pembelajaran, Pendidikan, Agama, Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 03 Dec 2018 00:17
Last Modified: 03 Dec 2018 00:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item