INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTs NEGERI 4 KEBUMEN

Mustonginah, NIP. 1423301238 (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTs NEGERI 4 KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
MUSTONGINAH_INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTS NEGERI 4 KEBU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Karakter merupakan sikap atau perilaku yang mencerminkan suatu bangsa. Karakter pada siswa dapat dibentuk melalui kegiatan-kegiatan disekolah baik dalam pelajaran maupun diluar jam pelajaran. Pengembangan karakter di sekolah diantaranya kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya adalah ekstrakurikuler Pramuka. Dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka ditanamkan nilai-nilai karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, jujur dan lain-lain yang merujuk pada 18 nilai-nilai karakter yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Penanaman nilai-nilai karakter tersebut dilakukan melalui kegiatan baris-berbaris, pertemuan, upacara, pelantikan, berkemah dan lintas alam. Dari deskripsi tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti internalisasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri 4 Kebumen. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran mengenai internalisasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri 4 Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, pembina dan anggota pramuka. Objek penelitian ini adalah MTs Negeri 4 Kebumen. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri 4 Kebumen merujuk pada 18 karakter yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan nasional dan nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan yaitu Dasa Dharma. Proses pembentukan nilai-nila karakter dilakukan melalui tiga tahapan yaitu moral knowing, moral feeling,dan moral action serta menerapkan pengamalan Dasa Dharma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:57
Last Modified: 30 Oct 2018 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item