PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD PUSPITASARI KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Nining, Komalasari (2016) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD PUSPITASARI KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_BabV_Daftar Pustaka.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
Nining Komalasari_Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Paud Puspitasari Karangklesem Kecamatan P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuh kembangkan dalam perilaku seseorang. Sehingga nilai-nilai kehidupan tersebut menyatu dalam dirinya. Seiring berkembangnya zaman, banyak kalangan remaja yang tidak mempunyai karakter baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang tua dan pendidik untuk mulai menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Semakin menurunnya moral karakter bangsa dan semakin maraknya penyimpangan yang terjadi pada kalangan remaja ditunjukkan dengan adanya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, perkosaan, perampasan, dan perusakan milik orang yang dilakukan oleh kalangan pelajar. Pendidikan karakter merupakan solusi tepat untuk mengatasi menurunnya moral karakter bangsa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Puspitasari Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Penelitian yang dilakukan di PAUD Puspitasari Karangklesem bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara objektif bagaimana pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Puspitasari Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Puspitasari dilakukan melalui kegiatan keteladanan, pembiasaan, bercerita, dengan mengembangkan nilai-nilai karakter religius, semangat kebangsaan, kreatifitas, tanggung jawab, mandiri, disiplin, antusias, komunikatif/bersahabat, peduli sosial, kerja keras, jujur, peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jul 2016 02:27
Last Modified: 13 Jul 2016 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item