PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MUSTAWA AWWAL KELAS VIII PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS Saripah 1423301115

Saripah, 1423301115 (2018) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MUSTAWA AWWAL KELAS VIII PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS Saripah 1423301115. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SKRIPSI SARIPAH FULL VERSION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SARIPAH BAB 1, 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. Dalam era globalisasi sekarang ini penulis sering sekali mendapati siswa yang memiliki semangat kuat untuk menghafal Al Qur’an, akan tetapi tidak sedikit pula siswa yang gagal dalam menghafal Al Qur’an berangkat dari itu penulis tertarik ingin mengetahui bagaimana siswa dapat menghafal Al Qur’an 30 Juz, jika dalam proses menghafal Al Qur’an yang di pakai siswa adalah Al Qur’an dari menara kudus sering disebut Al Qur’an pojok, karena disetiap pojok Al Qur’an itu pasti akhir suatu ayat dari suratan Al Qur’an tertentu, kata siswa itu akan lebih mudah untuk mengingat hafalan, dalam satu juz terdapat sepuluh halaman, jadi jika hafal 30 Juz berarti hafal 300 halaman, hingga selesai (khatam Al Qur’an bil ghoib, bahkan hafal akan terjemah dan tafsirnya), bagaimana metode dan model pembelajarannya dan apa yang menjadi penghambat dalam menghafal Al Qur’an. Sehingga penelitian di Mustawa Awwal bertujuan untuk mengatahui metode penanaman karakter disiplin dan model pembelajaran karakter disiplin yang dilakukan seorang guru dalam pembelajaran menghafal Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi, kegiatan wawancara dan kegiatan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis datanya, meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan pembelajaran Menghafal Al-Qur’an yang dilakukan guru di Mustawa Awal adalah sama pada umumnya pembelajaran di kelas hanya saja keadaan kelas lebih mudah dikondisikan, selain itu guru membuka dan menutup pembelajaran dengan membaca Al-Fatihah agar segala yang akan ataupun sudah dilakukan dalam proses belajar akan bermanfaat. Sementara itu metode penanaman karakter disiplin yang diterapkan diantaranya metode pembiasaan; metode hukuman; metode keteladanan; metode nasehat; metode pengamatan dan pengawasan; metode anjuran, perintah, dan larangan; metode pujian dan hadiah; serta metode teguran, peringatan, dan ancaman. Sementara Model pembelajaran karakter yang digunakan adalah model pembelajaran reflektif Kata Kunci: Metode, Penanaman Karakter, Model , di Mustawa Awwal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etode, Penanaman Karakter, Model , di Mustawa Awwal.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:32
Last Modified: 09 Oct 2018 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item