EFEKTIFITAS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KUALITAS KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR UMP DUKUHWALUH PURWOKERTO

Ahmad Khusnan Fadilah, NIM. 1323303063 (2018) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KUALITAS KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR UMP DUKUHWALUH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
AHMAD KHUSNAN FADILAH _EFEKTIFITAS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KUALITAS KINERJA GU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi memegang peranan penting dalam sebuah organisasi, terutama pelanggan. Organisasi akan berhubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadapnya (Stakeholders), Baik itu pelanggan internal maupun pelanggan ekternal. Komunikasi memungkinkan terjadinya koordinasi, perintah atau intruksi, saran-saran, informasi dan sebagainya dapat disampaikan secara cepat, tepat, dan jelas sehingga tujuan organisasi dan kebutuhan organisasi dapat tercapai. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi kepala sekolah dan kualitas kinerja guru serta mencari korelasi atau hubungan mengenai efektifitas komunikasi kepala sekolah dengan kualitas kinerja guru di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan mengambil lokasi di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Populasi yang terdiri dari guru Sekolah Dasat UMP Purwokerto yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi kepala sekolah di Sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto termasuk dalam kategori baik. Dengan hasil analisis yang menunjukan rata-rata hasil skor angket komunikasi kepala sekolah sebesar 45 yang termasuk dalam interval dengan kategori baik. Kualitas kinerja guru di sekolah Dasar UMP Dukuhwaluh Purwokerto termasuk dalam kategori cukup. Dengan hasil analisis yang menunjukan rata-rata hasil nilai kualitas kinerja guru sebesar 34 yang termasuk dalam interval dengan kategori cukup. ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru, dimana setelah dilakukan perhitungan diketahui bahwa nilai Sig. pada tabel sebesar 0,002 (< 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh komunikasi kepala sekolah dalam membangun kualitas kinerja guru. Besarnya pengaruh komunikasi kepala sekolah dalam membangun kualitas kinerja guru adalah sebesar 41%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi kepala sekolah dan kualitas kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 Oct 2018 23:47
Last Modified: 15 Oct 2018 23:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item