PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MI PP EL-BAYAN PADANGSARI KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Rifki Nur Amalia, NIM. 1423305076 (2018) PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MI PP EL-BAYAN PADANGSARI KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
RIFQI NUR AMALIA_PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA ANAK DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MI PP EL-B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sikap nasionalisme sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia di tengah era Globalisasi ini. Hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan kepribadian bangsa Indonesia agar tidak tergusur oleh budaya global yang kurang sesuai dengan budaya Indonesia. Penanaman sikap nasionalisme harus dilakukan sejak anak-anak karena masa perkembangan anak merupakan saat yang bagus untuk membentuk sikap. Oleh karena itu, lembaga Sekolah Dasar harus menanamkan sikap nasionalisme kepada peserta didiknya. Berbagai cara dilakukan oleh pihak sekolah untuk menanamkan sikap nasionalisme, salah satunya dengan kegiatan kepramukaan. Banyak sekali pembentukan sikap positif dalam kegiatan kepramukaan. Sikap yang sesuai dengan norma dan kode kehormatan Pramuka, salah satunya adalah sikap nasionalisme. Penelitian yang dilakukan di MI PP El-Bayan Padangsari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas dan mendalam tentang penanaman sikap nasionalisme pada anak dalam kegiatan kepramukaan di MI PP El-Bayan Padangsari Majenang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala MI, pembina Pramuka, dan anggota Pramuka MI PP El-Bayan Padangsari Majenang. Objek penelitian adalah penanaman sikap nasionalisme pada anak dalam kegiatan kepramukaan di MI PP El-Bayan Padangsari Majenang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verivikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman sikap nasonalisme pada anak dalam kegiatan kepramukaan yakni tertanamnya sikap-sikap yang mengandung unsur nasionalisme. Unsur nasionalisme diantaranya adalah hasrat untuk bersatu, hasrat untuk merdeka, hasrat menjaga kultur asli, dan hasrat meraih kerhormatan bangsa. Memiliki hasrat untuk bersatu ditunjukan dengan sikap toleransi, kerjasama, dan tolong menolong. Memiliki hasrat untuk merdeka ditunjukan dengan sikap semangat, pantang menyerah, dan berani. Memiliki hasrat menjaga keaslian kultur ditunjukan dengan melestarikan kebudayaan Indonesia. Memiliki hasrat untuk meraih kehormatan ditunjukan dengan memiliki sikap disiplin, rajin, dan semangat berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Sikap Nasioalisme pada Anak dalam Kegiatan Kepramukaan.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:06
Last Modified: 30 Oct 2018 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item