KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS IV MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Eri Yulia Pratiwi (NIM 1423305190)

Eri Yulia Pratiwi, 1423305190) (2018) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS IV MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Eri Yulia Pratiwi (NIM 1423305190). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
ERI YULIA PRATIWI_KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laju perkembangan IPTEK berkembang sangat pesat. Usaha dunia pendidikan dalam membekali pengetahuan teknologi dasar salah satunya melalui pembelajaran TIK. Pembelajaran berkaitan erat dengan seorang pendidik, dimana keterampilan seorang pendidik dalam mengelola kelas menjadi hal penting karena dengan ini pengajaran efektif akan dapat terwujud. Keterampilan pengelolaan kelas merupakan kecakapan seorang pendidik dalam medayagunakan potensi kelas untuk menciptakan, memperbaiki, dan memelihara kondisi atau suasana kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran TIK kelas IV di MI Modern Satu Atap AL-Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran TIK di kelas IV MI Modern Satu Atap AL-Azhary. Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru TIK di MI Modern Satu Atap AL-Azhary yaitu bapak Susilo, S.Kom. dan siswa siswi kelas IV. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menanalisa data penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa pengelolaan kelas meliputi dimensi pencegahan pencegaan meliputi; a. Menunjukan sikap tanggap; b. Membagi perhatian; c. Memusatkan perhatian kelompok; d. Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas; e. Menegur; f. Memberikan penguatan. Kedua, prosedur pengelolaan kelas dimensi penyembuhan (Kuratif) dengan langkah-langkah a. Mengidentifikasi masalah peserta didik; b. Menganalisis masalah; c. Menilai alternatif-alternatif pemecahan; dan d. mendapatkan balikan (feed back). Melalui prosedur tersebut maka dapat diketahui keterampilan guru TIK dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pembelajaran TIK, MI Modern Satu Atap Al-Azhary
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Oct 2018 00:58
Last Modified: 08 Oct 2018 00:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item