IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS I B MIM PASIRMUNCANG PURWOKERTO BARAT

Lita Dias Mawasti, NIM. 1423305245 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS I B MIM PASIRMUNCANG PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
LITA DIAS MAWASTI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 SISWA KELAS I B MI MUHAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah pendekatan pembelajaran dalam kurikulum. Dalam rangka mempersiapkan lulusan pendidikan memasuki era globalisasi yang penuh dengan tantangan diperlukan pendidikan yang dirancang berdasarkan kebutuhan nyata dilapangan. Kurikulum 2013 merupakan tindak lanjut dari kurikulum berbasis kompetensi yang pernah diuji cobakan pada tahun 2004. Banyak pembaharuan yang terdapat dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 kelas IB MIM Pasirmuncang Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 kelas IB MIM Pasirmuncang Purwokerto Barat. Metode yang digunakan dalam dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru kelas IB telah menerapkan pendekatan saintifik yang diawali dengan menyusun RPP yang disesuaikan dengan silabus dan buku guru. Kegiatan pembelajaran dilakukan terdiri dari tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Dalam kegiatan inti guru menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati yang dilakukan dengan mengamati gambar, teks terkait dengan materi yang disampaikan, menanya dilakukan guru dengan membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang telah diamati, mencoba/mengumpulkan informasi dengan cara siswa mencoba apa yang telah dijelaskan oleh guru, menalar/mengasosiasi dengan melakukan tanya jawab antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dalam mengkomunikasikan guru memnimbing siswa untuk menjelaskan kesimpulan atau anak diminta untuk menjelaskan apa yang telah dipelajari dalam bentuk lisan atau tulisan. Guru melakukan penilaian autentik yang meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:55
Last Modified: 30 Oct 2018 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item