IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI MA’ARIF NU 01 TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Khaerul Khafid, NIM. 1423301012 (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI MA’ARIF NU 01 TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHAERUL KHAFID_IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI MA’ARIF NU 01 TEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang Fikih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara pelaksanaan rukun Islam dan menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam. Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukan kepada peserta didik suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati di MI Ma’arif NU 01 Teluk kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Untuk mengajarkan materi ini, pendidik mengajarkanya dalam beberapa pertemuan. Pada pertemuan pertama pendidik di kelasa II MI Ma’arif NU 1 Teluk menjelaskan terlebih dahulu tentang ketentuan shalat berjama’ah dengan menggunakan metode ceramah, kemudian setelah pendidik selesai pendidik melakukan tanya jawab seputar materi pelajaran tersebut. Pada akhir pertemuan, pendidik menggunakan metode resitasi atau penugasan untuk siswa agar mereka belajar dirumah. Pada pertemuan yang kedua, pendidik mencoba untuk mengingatkan kembali materi pelajaran di awal pertemuan kedua ini agar pendidik dapat mengetahui seberapa siap mereka menerima pelajaran kemudian dilanjutkan dengan membimbing peserta didik melafalkan dalil-dalil atau dasar perintah untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Pada pertemuan ketiga pendidik memberikan beberapa pertanyaan seputar materi pelajaran tentang ketentuan shalat berjama’ah sebagai bentuk evaluasi pembelajaran atau ulangan harian agar pendidik dapat mengetahui prosentase keberhasilan pembelajaran yang telah di laksanakanya. Pada pertemuan ke empat, pendidik memberikan penguatan tentang materi pelajaran fiqih tentang shalat berjama’ah dengan mendemonstrasikan gerakan dan bacaan shalat berjama’ah kepada peserta didik serta membimbing peserta didik untuk mempraktikan bagaimana shalat berjama’ah secara berkelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, demonstration method, learning methode
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Oct 2018 00:12
Last Modified: 01 Oct 2018 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item View Item