ANALISIS SIKAP SOSIAL DAN SPIRITUAL DALAM BUKU TEKS SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD/MI KELAS V EDISI REVISI 2017 TERBITAN KEMDIKBUD BERDASARKAN PERKEMBANGAN ANAK

MUKHAMAD HAMID SAMIAJI, 1423305202 (2018) ANALISIS SIKAP SOSIAL DAN SPIRITUAL DALAM BUKU TEKS SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK SD/MI KELAS V EDISI REVISI 2017 TERBITAN KEMDIKBUD BERDASARKAN PERKEMBANGAN ANAK. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
MUKHAMAD HAMID SAMIAJI_ANALISIS SIKAP SOSIAL DAN SPIRITUAL DALAM BUKU TEKS SISWA PENDIDIKAN AGAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buku teks pelajaran sebagai buku acuan wajib yang digunakan di satuan pendidikan dasar telah disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu dan melalui seleksi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, orientasi pembelajaran serta mengacu pada kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Karena kebutuhan akan tahapan perkembangan peserta didik pada setiap satuan tingkatan pendidikan yang berbeda-beda, maka ketepatan dalam pememilihan penggunaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial dan spiritual yang terdapat pada buku teks pelajaran siswa. Buku teks siswa yang dianalisa adalah buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI kelas V edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Adapun yang dianalisa adalah sikap sosial dan sikap spiritual yang terdapat pada setiap pelajaran yang ada di dalam buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas V. Hasil penelitian ini adalah pertama dari aspek sikap sosial buku teks siswa ini sangat kompleks. Karena dalam buku teks ini ada tujuh sikap sosial yang harus dikuasai anak. Yaitu jujur; anak dikondisikan untuk mengungkapkan perasaan apa adanya dan tidak mencontek saat ulangan, disiplin; anak dibiasakan menyelesaikan tugas sesuai dengan petunjuk yang disediakan dan menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar, tanggungjawab; anak diarahkan untuk menerima resiko dari ditindakan yang dilakukan, santun; anak dikondisikan untuk hormat dan patuh pada orang tua dan guru, peduli; anak diarahkan untuk memiliki kebiasaan tidak mengabaikan orang lain dan suka membantu, percaya diri; anak dikondisikan untuk berani tampil di depan orang lain, dan gotong royong; anak dikondisikan untuk menyelesaikan masalah dengan bekerjasama. Kedua, dari sikap spiritual buku teks siswa ada tiga sikap spiritual yang harus dikuasai anak. Yakni menerima ajaran agama; dimana anak dikondisikan untuk beriman kepada Allah dan meyakini bahwa rasul sebagai utusan Allah, menjalankan ajaran agama; anak diarahkan untuk terbiasa membaca al-Qur’an dan menunjukkan perilaku terpuji, dan menghargai ajaran agama; anak dikondisikan untuk menghargai orang lain yang berbeda keyakinan dan pendapat. Dari sikap-sikap tersebut, ditinjau dari aspek perkembangan anak sudah sesuai dengan perkembangan anak dimana sudah sesuai dengan ranah kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Sikap Spiritual, Buku Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:12
Last Modified: 28 Sep 2018 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item