PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BERBASIS GREEN SCHOOL DI SD NEGERI KEDONDONG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Nur Fitri Yuliani, 1522603014 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BERBASIS GREEN SCHOOL DI SD NEGERI KEDONDONG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
MAULANA SYARIF HIDAYATULLOH_IMPLEMENTASI NILAI - NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ADIWIYAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam implementasi program Adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan berbasis Green School, implementasi dan evaluasi Program Green School dalam pembentukan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Kedondong. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, Ketua Program Green School, guru, siswa dan wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Program Adiwiyata berbasis Green School di SD Negeri Kedondong sudah sesuai dengan buku Panduan Adiwiyata, yang ditandai pada komponen: (a) Kebijakan berwawasan lingkungan, sekolah merubah visi misi yang memuat nilai lingkungan hidup dan sudah mengalokasikan dana untuk program Adiwiyata; (b) Kurikulum berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan mengintegrasi materi wawasan lingkungan dalam mata pelajaran; (c) program pembinaan dan ekstrakurikuler yang terintegrasi dengan nilai-nilai peduli lingkungan; dan (d) Pengembangan budaya sekolah berbasis lingkungan, melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian lingkungan sekolah. Kedua, implementasi program green school di SD Negeri Kedondong telah melaksanakan beragam kegiatan khusus. Kegiatan tersebut antara lain, seperti pembentukan polisi lingkungan, mengikuti kegiatan aksi lingkungan yang diselenggarakan baik pihak sekolah maupun pihak luar sekolah dan mengikuti seminar atau workshop. Ketiga, Evaluasi pelaksanaan program Green School dalam pembentukan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan menggunakan model evaluasi CIPP: (a) Context: Pelaksanaan program Green School dilaksanakan dengan membentuk tim adiwiyata dan kegiatan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh tim; (b) Input: Perencanaan yang dibuat terdiri dari pembentukan tim, penyusunan kajian sekolah, penyusunan rencana aksi lingkungan, pelaksanaan aksi, dan evaluasi dan monitoring; (c) Process: Tim Adiwiyata beserta siswa serta seluruh warga sekolah bekerja sama untuk keberhasilan program; dan (d) Product: Partisipasi masyarakat di rasa sangat kurang, sehingga masih harus diadakan tindak lanjut. Kata Kunci: Karakter, Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Green School

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Green School
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Sep 2018 01:36
Last Modified: 28 Sep 2018 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item