PENGGUNAAN MEDIA BIMBINGAN KARIR BAGI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN (Studi Kasus Di Sekolah Luar Biasa C dan C1 Yakut Purwokerto) SKRIPSI Dianjukan kepada Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh : HESTY SURYANI SETYONINGSIH 1423101021 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO 2018

HESTY SURYANI SETYONINGSIH, 1423101021 (2018) PENGGUNAAN MEDIA BIMBINGAN KARIR BAGI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN (Studi Kasus Di Sekolah Luar Biasa C dan C1 Yakut Purwokerto) SKRIPSI Dianjukan kepada Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh : HESTY SURYANI SETYONINGSIH 1423101021 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO 2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HESTY SURYANI SETYONINGSIH_PENGGUNAAN MEDIA BIMBINGAN KARIR BAGI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mediabimbingan karir merupakan suatu peralatan baik berupa perangkat lunak maupun perangkat keras yang berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan bimbingan karir. Media bimbingan karir juga dapat diartikan sebagai alat penyalur pesan dari guru kepada peserta didik yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat. Terdapat beberapa jenis media, diantaranya media grafis, media audio, media proyeksi diam. Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki kecerdasan antara 50-75, namun mereka memiliki kemampuan sosialisasi dan motorik yang baik. Sehingga anak tunagrahita ringan masih dapat mengikuti kegiatan akademis dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengunaan media bimbingan karir apa saja yang digunakan di SLB C dan C1 Yakut Purwokweto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metodenya adalah deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bimbingan karir di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto yaitu: media berbasis manusia meliputi guru kelas yang memberikan ketrampilan-ketrampilan kepada peserta didik. Media cetakan meliputi alat peraga/gambar, alat peraga/gambar bertujuan untuk mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disampaikan. Media proyeksi diam yaitu projektor digunakan untuk mempermudah dalam memberikan contoh kepada peserta didik. Kegiatan ektrakulikuler meliputi taekwondo, tata boga, kentongan, menari, menyanyi, dan pramuka. Kata kunci: Media Bimbingan Karir, Anak Tunagrahita Ringan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Bimbingan Karir, Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:35
Last Modified: 24 Sep 2018 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item