PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUIKEGIATAN EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

NITA MIFTAKHUROHMAH, 1423305207 (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUIKEGIATAN EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
NITA MIFTAKHUROHMAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Kecerdasan Kinestetik merupakan salah satu macam dari kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki oleh seseorang. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mempunyai kemampuan dalam menggunakan tubuh secara terampil dan cenderung menguasai dibidang yang berkaitan dengan olahraga. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Maka tugas guru, orang tua dan masyarakat berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Salah satu cara untukmeningkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak dengan mengikuti kegiatanekstrakurikuler yang ada di madrasah. Salah satu kegiatan ekstrakurikuleryang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa yaitu melalui kegiatanekstrakurikuler Bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik pada siswa melalui kegiatanekstrakurikuler Bulutangkis di MI Ma’arif NU Karangpucung Purwokerto Selatan . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan pembina ekstrakurikuler bulutangkis. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Hubberman yang terdiri dari dari tiga tahap, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis dapat dilakukan melaluibergabung dengan ekstrakurikuler bulutangkis, bergerak yang melibatkan aktivitas fisik, berlatih teknik bulutangkis, berlatih secara berulang-ulang, berlatih kecepatan gerakan dan pemantauan kecerdasan kinestetik siswa.Dengan hal ini siswamampu mengembangkan komponen dari kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler bulutangkis, yaitu koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan dan kecepatan. Kata Kunci : Pengembangan Kecerdasan Kinestetik, Ekstrakulikuler Bulutangkis, MI Ma’arif NU Karangpucung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: engembangan Kecerdasan Kinestetik, Ekstrakulikuler Bulutangkis, MI Ma’arif NU Karangpucung
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2018 01:14
Last Modified: 24 Sep 2018 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item