PENGGUNAAN MEDIA GABILAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Nur Elifia, NIM.1423305074 (2018) PENGGUNAAN MEDIA GABILAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
NUR ELIFIA_PENGGUNAAN MEDIA GABILAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MAARIF NU DARMAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)

Abstract

Materi Matematika mempunyai sifat khas. Objek matematika merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indra. Salah satu cara untuk menjembatani agar matematika yang bersifat abstrak tesebut mudah dipahami oleh siswa adalah dengan memanfaatkan media atau alat peraga dalam pembelajaran. Dengan adanya media pendidikan atau alat peraga, siswa akan lebih banyak mengikuti pelajaran matematika dengan senang dan gembira sehinga minatnya dalam mempelajari matematika semakin besar. Siswa akan senang, tertarik terangsang dan bersikap positif terhadap pembelajaran matematika Fokus dalam penelitian ini adalah “bagaimana Implementasi Media alat peraga garis bilangan bulat (GABILAT) dalam pembelajaran Matematika kelas IV di MI Ma‟arif NU Darmakradenan?”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru dan siswa kelas IV MI Ma‟arif NU Darmakradenan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Media alat peraga Garis bilangan bulat (GABILAT) dalam pembelajaran Matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Pada pembelajaran Matematika kelas IV di MI Ma‟arif NU Darmakradenan materi oprasi hitung bilangan bulat guru menggunakan Media alat peraga garis bilangan bulat (GABILAT) untuk memudahkan pemahaman siswa dalam memhami konsep oprasi hitung bilangan bulat. Alat peraga GABILAT merupakan alat peraga yang sengaja dibuat dengan bentuk memanjang menggunakan sterefoam dan berskala dengan jarak yang sama, kemudian model/boneka akan digerakan maju dan mundur sesuai dengan oprasi hitung bilangan bulat yang akan diseleksaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media alat peraga GABILAT, Matematika, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Sep 2018 05:57
Last Modified: 22 Sep 2018 05:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item