PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SHALAT PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

NUR HANUM ASIFA, NIM.102338103 (2016) PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SHALAT PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
NUR HANUM ASIFA_PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SHALAT PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kedisiplinan shalat merupakan salah satu upaya dalam membentuk kepribadian siswa yang religius. Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh semua umat muslim.Kelas inklusi merupakan kelas yang menyertakan anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bersama anak-anak normal lainnya. SD Negeri 5 Bukateja merupakan sekolah yang menyelenggarakan kelas inklusi yang tidak diselenggarakan oleh setiap sekolah reguler sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan kedisiplinan shalat pada kelas inklusi di SD Negeri 5 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Adapun tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ada adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan kedisiplinan shalat pada kelas inklusi di SD Negeri 5 Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan datayang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi serta observasi penulis dalam pembentukan kedisiplinan shalat pada kelas inklusi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis tentang pembentukan kedisiplian shalat pada kelas inklusi di SD Negeri 5 Bukateja Kabupaten Purbalingga maka dapat disimpulkan bahwa pembentukan kedisiplinan shalat di SD Negeri 5 Bukateja sudah berhasil. Hal ini terbukti dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dan wali murid yaitu dengan memberikan program bimbingan bagi orang tua dengan menggunakan pendekatan informasional dan pendekatan psikoterapik serta program latihan bagi orang tua dengn menggunakan pendekatan komunikasi dan pendekatan keterlibatan. Selain itu pihak sekolah juga menyelenggarakan buku penghubung antara sekolah dan wali murid agar orang tua dapat mengontrol pengamalan ibadah shalat putra putrinya di rumah yang kemudian akan disampaikan ke pihak sekolah melalui catatan-catatan yang ada dalam buku penghubung tersebut.Dalam menangani anak berkebutuhan khusus, guru Pendidikan Agama Islam sealu memberikan perlakuan yang berbeda baik melalui ucapan maupun perilaku. Guru selalu memberikan perhatian lebih terhadap siswa berkebutuhan khusus. Kata kunci : Kedisiplinan Shalat, Kelas Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 11 Jul 2016 07:21
Last Modified: 11 Jul 2016 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item