KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKANEGARA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Laras Anis Munjiati, NIM. 1423305110 (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKANEGARA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LARAS ANIS MUNJIATI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam pendidikan. Selain itu guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator, dan sekaligus pusat inisiatif pembelajaran. Guru menjadikan seseorang yang pada awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang pada awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Oleh karena itu guru penting untuk melaksanakan kompetensi pedagogik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru MI Ma’arif NU 01 Sokanegara Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Ma’arif NU 01 Sokanegara Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif NU 01 Sokanegara Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga telah memenuhi kompetensi inti dari komponen kompetensi pedagogik guru dengan baik sesuai dengan Undang-undang Sistem pendidikan Nasional dan pendapat Nur Irwantoro dan Yusuf Suryana dalam bukunya “ Kompetensi Pedagogik untuk peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional” yang mengemukakan tujuh komponen pedagogik yaitu memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun, menyelenggarakan evaluasi dan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru, Kualitas, Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Sep 2018 08:46
Last Modified: 21 Sep 2018 08:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item