PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

Aida Dwi Agustin, NIM. 1423302048 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AIDA DWI AGUSTIN_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa merupakan proses pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan siswa dalam pemahaman konsep maupun teori melalui berbagai aktivitas pengalaman pada berbagai lingkungan belajar, yaitu lingkungan di dalam sekolah dan di luar sekolah. Guru hendaknya dapat memotivasi peserta didik agar aktivitas dalam pembelajaran dapat optimal. Dengan demikian, proses belajar akan lebih dinamis dan tidak membosankan dan siswa juga dapat mempelajari materi pelajaran secara aktif dan langsung memainkan perannya dalam setting kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok. Karena model pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa membantu siswa agar bisa belajar mandiri, kreatif sehingga dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat menunjang terbentuknya kepribadian yang mandiri Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai penerapan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara bahwa guru Bahasa Arab menggunakan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa berupa model interaksi sosial, model pemrosesan informasi dan model personal. Karena dengan menggunakan model pembelajaran tersebut antusias siswa sangat baik dan siswa juga dapat berfikir secara aktif, kreatif tidak monoton serta mandiri. Disini peran guru hanya sebagai fasilitator saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa, dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Sep 2018 01:46
Last Modified: 21 Sep 2018 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item