IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD IT MUTIARA HATI PURWAREJA KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

Listya Maryani, NIM. 1423301101 (2018) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD IT MUTIARA HATI PURWAREJA KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISTYA MARYANI_IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode Qiro’ati digunakan diberbagai lembaga dalain pembelajaran membaca al-Qur'an. Metode tersebut juga digunakan di SD IT Mutiara Hati Purwareja, karena itulah penelitian ini dilakukan dengan judul Implementasi metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an di SD IT Mutiara Hati Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui alasan yang mendasari SD IT Mutiara Hati Purwareja untuk memilih metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an pada peserta didik, mengetahui implementasi pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat SD IT Mutiara Hati Purwareja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD IT Mutiara Hati Purwareja. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi guru dan wawasan terhadap peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan implementasi metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an. Lokasi yang diteliti adalah SD IT Mutiara Hati Purwareja dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah SD IT Mutiara Hati Purwareja dan guru mata pelajaran Qiro’ati yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’ati di SD IT Mutiara Hati Purwareja memiliki 6 kelas yaitu kelas Qiro’ati Jilid 1, 2, 3, 4, Al-Qur’an dan Pasca. Langkah pembelajaran yang digunakan ada tiga tahap yaitu pembelajaran awal, pembelajaran inti dan pembelajaran akhir. Evaluasi dilaksanakan pada setiap pertemuan pada saat individual oleh guru, evaluasi pada saat kenaikan jilid oleh koordinator Qiro’ati SD IT Mutiara Hati Purwareja, dan evaluasi tahap akhir pembelajaran Al-Qur’an oleh tim penguji Qiro’ati kabupaten Banjarnegara. Sedangkan faktor faktor yang menjadi pendukung dan penghambat meliputi pelaksanaan, kedisiplinan siswa dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati dan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Sep 2018 01:34
Last Modified: 21 Sep 2018 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item View Item