PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Novi Ulil Fatwah, NIM. 1423305028 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVI ULIL FATWAH_PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI MA'ARIF N~1.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dikelas V MI Ma’arif NU 1 Sokawera, merupakan kelas yang sudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS kelas V MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS kelas V apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ada di teori. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh data terkait penerapan model pembelajarn kooperatif tipe talking stick. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU 1 Sokawera. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS kelas V dalam proses pembelajaran dilakukan sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan pada BAB II. Semua rangkaian kegiatan sudah berjalan secara efektif dan efisien terbukti dengan siswa yang lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif TipeTalking stick, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:54
Last Modified: 20 Sep 2018 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item