Roro Renuk Maisaroh, 1423305034 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MI NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (861kB) | Preview |
|
Text
RORO RENUK MAISAROH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MI NEGERI I BANJARNE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajarantematikintegrativemerupakanpembelajaran yang mengintegrasikanbeberapakompetensidariberbagaimatapelajarankedalamberbagaitema.Pemanduantersebutdilakukandalamtigahalyaituintegrasisikap, keterampilan, danpengetahuandalam proses pembelajarandanterpadukonsepdasar yang berkaitan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasipembelajarantematikintegratif di kelas IV MI Negeri 1 BanjarnegaraTahunPelajaran 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatif.Untukmemperolehinformasidan data-data yang diperkuatdalampenelitian, makapenulismenggunakanbeberapametodeyaitumetodewawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanpembelajarantematikintegratif di kelas IV MI Negeri 1 Banjarnegarasudahdilaksanakandengancukupbaik. Hal inidapatdilihatdaripembelajaran yang dilaksanakansudahsesuaidengankarakteristikpembelajarantematikintegratif, antara lain berpusatpadaanak, pemisahanmatapelajaran yang tidakbegitujelas, dantelahmenyajikanberbagaikonsepdariberbagaimatapelajarandalamsatu proses pembelajaran. Padatahapanperencanaanpembelajarantematikintegrativedalamtahapmendesainrencanapembelajarandanpelaksanaanpembelajaran (RPP) guru telahmelaksanakansendiriberdasarkanpadatema yang ditentukanolehpemerintahandenganpengembangan yang dilakukanoleh guru sesuaidengankarakteristik RPP tematikintegratif.Padatahappelaksanaanpembelajarantematikintegrativedilakukanmenggunakantigatahappelaksanaan yang salingberkesinambunganantarasatudengan yang lainnya.Diantaranyaadalahtahappendahuluan, kegiataninti, danpenutup.Padatahapevaluasipembelajarantematikintegratif, menggunakanpenilaianautentik yang meliputipenilaianaspekpengetahuan, penilaianaspeksikap, danpenilaianaspekketerampilan.Hasilpenelitianinisangatbermanfaatbagiparapraktisi di bidangpendidikandalammenerapkanpembelajarantematikintegratif. Kata Kunci: PembelajaranTematikIntegratif, Madrasah Ibtidaiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PembelajaranTematikIntegratif, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 06:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 06:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4282 |
Actions (login required)
View Item |