IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MI NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Roro Renuk Maisaroh, 1423305034 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MI NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text
RORO RENUK MAISAROH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MI NEGERI I BANJARNE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajarantematikintegrativemerupakanpembelajaran yang mengintegrasikanbeberapakompetensidariberbagaimatapelajarankedalamberbagaitema.Pemanduantersebutdilakukandalamtigahalyaituintegrasisikap, keterampilan, danpengetahuandalam proses pembelajarandanterpadukonsepdasar yang berkaitan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasipembelajarantematikintegratif di kelas IV MI Negeri 1 BanjarnegaraTahunPelajaran 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatif.Untukmemperolehinformasidan data-data yang diperkuatdalampenelitian, makapenulismenggunakanbeberapametodeyaitumetodewawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakanadalahreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanpembelajarantematikintegratif di kelas IV MI Negeri 1 Banjarnegarasudahdilaksanakandengancukupbaik. Hal inidapatdilihatdaripembelajaran yang dilaksanakansudahsesuaidengankarakteristikpembelajarantematikintegratif, antara lain berpusatpadaanak, pemisahanmatapelajaran yang tidakbegitujelas, dantelahmenyajikanberbagaikonsepdariberbagaimatapelajarandalamsatu proses pembelajaran. Padatahapanperencanaanpembelajarantematikintegrativedalamtahapmendesainrencanapembelajarandanpelaksanaanpembelajaran (RPP) guru telahmelaksanakansendiriberdasarkanpadatema yang ditentukanolehpemerintahandenganpengembangan yang dilakukanoleh guru sesuaidengankarakteristik RPP tematikintegratif.Padatahappelaksanaanpembelajarantematikintegrativedilakukanmenggunakantigatahappelaksanaan yang salingberkesinambunganantarasatudengan yang lainnya.Diantaranyaadalahtahappendahuluan, kegiataninti, danpenutup.Padatahapevaluasipembelajarantematikintegratif, menggunakanpenilaianautentik yang meliputipenilaianaspekpengetahuan, penilaianaspeksikap, danpenilaianaspekketerampilan.Hasilpenelitianinisangatbermanfaatbagiparapraktisi di bidangpendidikandalammenerapkanpembelajarantematikintegratif. Kata Kunci: PembelajaranTematikIntegratif, Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PembelajaranTematikIntegratif, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Sep 2018 06:23
Last Modified: 14 Sep 2018 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item