PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK KESANTUNAN BERBAHASA DI MI MUHAMMADIYAH ARENAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Cahyadi, Rahman (2018) PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK KESANTUNAN BERBAHASA DI MI MUHAMMADIYAH ARENAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMAN CAHYADI_PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DALAM MEMBENTUK KESANTUNAN BERBAHASA DI MI MUHAMMADIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan mengenai mata pelajaran Bahasa Jawa yang tidak dapat berkembang dapat diketahui dari minimnya siswa yang tidak tepat dalam menggunakan bahasa Jawa. Adanya tingkat tutur dalam bahasa Jawa mengakibatkan siswa kesulitan dalam berbahasa Jawa yang baik. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Jawa sangat jauh dari apa yang diharapkan, banyak siswa belum/tidak mempraktekkan Bahasa Jawa di Sekolah, keluarga, dan masyarakat. Hal ini dikarenakan pengetahuan dan penerapan unggah-ungguh sangat sulit dan kaku kemudian banyak guru yang kurang memahami dan menguasai materi, karena tidak didukung oleh latar pendidikan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendesikripsikan urgensi pembelajaran Bahasa Jawa dalam membentuk kesantunan berbahasa serta proses pembelajaran Bahasa Jawa dalam membentuk kesantuan berbahasa di MI Muhammadiyah Arenan yang meliputi: perencanaan pembelajaran Bahasa Jawa, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa serta evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa yang dilakukan sebagai upaya membentuk kesantunan berbahasa siswa di MI Muhammadiyah Arenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jawa sangat penting karena berbahasa dan berperilaku santun merupakan kebutuhan setiap orang, bukan sekedar kewajiban. Seseorang berbahasa dan berperilaku santun sebenarnya lebih dimaksudkan sebagai wujud aktualisasi diri. Adapun proses perencanaan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Arenan yakni dengan mempelajari silabus, membuat RPP, menyiapkan materi ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan strategi/metode pembelajaran dan menyiapkan sumber pembeljaran. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Arenan terbagi kedalam aktifias fisik berupa penyampaian materi melalui bentuk cerita, kesenian, karya tulis dan aktifitas psikis berupa bentuk interaksi dikelas antara siswa dan guru melaui pertanyaan dan pernyataan. Evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Arenan diberikan dalam bentuk penugasan secara tertulis berupa: pekerjaan rumah (PR), tugas harian, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) serta penugasan tidak tertulis berupa: penilaian ketrampilan berbahasa yakni lewat penilaian macapat, geguritan, dan pacelathon, serta penilain langsung terhadap perilaku berbahasa siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Jawa, Kesantunan Berbahasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:59
Last Modified: 14 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4277

Actions (login required)

View Item View Item