PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI TK ALAM BATURRADEN, BANYUMAS

FITRIYANTI, 1423301050 (2018) PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI TK ALAM BATURRADEN, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
FITRI NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nilai agama dan moral merupakanpondasibangunan agama Islam. Agar pondasiagamanyakuat, makamenanamkannilai agama dan moral sangatlahpentingsejakanakusiadini, karenaketikausiadini, anaklebihmudahmenyerapdanmeniruterhadappelajaran yang diajarkansehinggalebihmudahuntukmembentukkepribadiananak yang baikkedepannya. Anakusiadinisebagaianak-anak yang barutumbuhibaratbenihsebuahpohon yang akanditanam, makadiaharusseringdipupukdandisiramdenganbimbingandanpendidikanagar memilikiakar yang kuatsehinggakelakketikatumbuhbesarmenjadipohon yang tidakmudahgoyahdantumbang.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuimacam-macamnilai agama danmoral sertametode yang ditanamkandalampembelajaranberbasisalam di TK alamBaturraden, Banyumas. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangandenganjenispenelitiandeskriptifkualitatif.Metodepengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodewawancara, dokumentasi, danobservasi.SubjekdalampenelitianiniyaituBunda Myra Safar, bundaMeyta, fasilitatorTK dan orang tuasiswa TK AlamBaturraden.Objek yang dikajiadalahnilai agama dan moral apasaja yang ditanamkandalampembelajaranberbasisalamsertametode yang digunakanuntukmenanamkannilai agama dan moral di TK AlamBaturraden, Banyumas. Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penelitimenggunakan model Miles danHubermanyaitu:redukasi data, penyajian data, danverifikasi data ataupenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanterdapatenamindikatorpenanamannilai agama dan moral padaanakusia 4-5 tahun di TK AlamBaturradendalampembelajaranberbasis. Pertama, penanamanperilakumengenal Allah melalui agama yang dianutnyadenganberbasisalamdiantaranyaialahmelaluiciptaan-ciptaanNya, menyayangisesamateman, tanaman, dantumbuhan, berdzikirsertamelaluikalam-kalamnya yang tertuangdalam al-Qur’an.Kedua, penanamanperilakumenirugerakanberibadahdenganberbasisalamialahmenirugerakansholatdanberwudhu.Ketiga, penanamanperilakumengucapkando’asebelumatausesudahmelakukanyaitupadakegiatansetelahsholat.Keempat, penanamanmengenalperilakubaik/ sopandanburukberbasisalamialahmengenalperilakubaikdalamberbicara,dalamberpakaian, dalamtingakhlaku.Kelima, penanamanperilakumembiasakandiriberperilakubaik.Keenam,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:28
Last Modified: 14 Sep 2018 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item