PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN BERPIKIR KRITIS MATERI CAHAYA SISWA KELAS V MI SE- KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Miftahusurur (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN BERPIKIR KRITIS MATERI CAHAYA SISWA KELAS V MI SE- KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MIFTAHUSURUR_PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student team achievement division ) terhadap pemahaman konsep dan berpikir materi cahaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yakni pre test dan post test Subjek penelitian siswa kelas V MI yang berjumlah 69 siswa. Untuk pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji r diperoleh r hitung = 0, 678 > r tabel = 0, 239 sehingga dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan. Adapun uji t menghasilkan t hitung = 7,545 > t tabel = 2,000. Hal tesebut didukung dengan analisis data regresi diperoleh r adalah 0,678 jika dikonsultasikan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi product moment, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara model koopertif STAD (X) dengan pemahaman konsep (Y1), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 46 % sedangkan 54% ditentukan faktor lain. Sedangkan berpikir kritis Berdasarkan hasil uji r diperoleh r hitung = 0, 704 > r tabel = 0, 239 sehingga dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan. Adapun uji t menghasilkan t hitung = 8, 109 > t tabel = 2,000. Hal tesebut didukung dengan analisis data regresi diperoleh r adalah 0,704 jika dikonsultasikan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi product moment, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara model koopertif STAD (X) dengan berpikir kritis (Y2), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 49 % sedangkan 51% ditentukan faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Kooperatif STAD, Pemahaman konsep, Berpikir kritis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:03
Last Modified: 14 Sep 2018 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item