KONSEP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF MUNIF CHATIB Tri Sugiarti-NIM: 1522606030

Tri Sugiarti, 1522606030 (2018) KONSEP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF MUNIF CHATIB Tri Sugiarti-NIM: 1522606030. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text
Tri Sugiarti_Konsep guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Munif Chatib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwadalam sistem pendidikan kita yang serba seragam, perbedaan kerap menjadi masalah bagi pihak sekolah dan siswa. Sistem pendidikan di Indonesia masih cenderung menyamaratakan standar kecerdasan satu siswa dengan siswa lainnya dengan penilaian metode dan parameter yang sangat sempit, yaitu aspek kognitif saja. Keadaan seperti ini tentunya akan berdampak buruk bagi perkembangan potensi yang dimiliki oleh siswa, karena pada dasarnya setiap siswa memiliki jenis kecerdasan yang berbeda-beda. Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan hendaknya mampu memberikan proses pembelajaran yang mampu mengedepankan seluruh aspek kecerdasan yang dimiliki oleh siswa bukan sebaliknya, sehingga diharapkan dengan mengedepankan seluruh kecerdasan siswa, maka kedepan mampu mencetak generasi-generasi yang unggul yang mampu bersaing dengan negara-negara lain dengan tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai moral dan budaya, serta mampu menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif demi kemajuan bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, wawancara dan mengumpulkan data dari sumber lain yang relevan. Pendekatan dari penelitian ini adalah pedagogik psikologi. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analysis dilanjutkan pada deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertamaguru harus menghilangkan label negatif kepada siswa sebelum masuk kedalam kelas, guru harus mempunyai pandangan dan pola pikir yang menganggap setiap anak adalah juara. Kedua guru harus memandang kompetensi para siswa lebih luas, berdasarkan tiga kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif secara proposional. Ketiga bersedia terus belajar. Keempat terus menjelajah kemampuan siswa. Kelima mengajar dengan cara menyenangkan. Keenam guru adalah fasilitator. Ketujuh guru mengajar dengan hati.Kedelapan Guru yang secara teratur membuat lesson plan kreatif.Guru pada khususnya guru pendidikan agama Islam, dengan paradigma baru dalam memahami dan mengajar siswanya, maka akan muncul kreatifitas dalam diri guru tersebut dengan memunculkan ide-ide baru dalam strategi pembelajaran. Kata kunci : Guru, Pendidikan, Munif Chatib.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan, Munif Chatib.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:46
Last Modified: 13 Sep 2018 08:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item