Pengembangan LKS berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME) Materi Pecahan di Kelas IV MI Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga

Kartikawaty, Sabrina (2018) Pengembangan LKS berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME) Materi Pecahan di Kelas IV MI Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SABRINA KARTIKAWATY_PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUC.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan LKS berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME) pada materi pecahan kelas IV MI. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimanakah pengembangan LKS berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) materi Pecahan kelas IV MI di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga? Kenyataan di lapangan pendekatan pembelajaran yang digunakan masih mengandalkan konvensional dengan model ceramah sebagai model utama. Objek matematika bersifat abstrak. Pembelajaran belum mengaitkan materi dengan kehidupan nyata/pengalaman siswa. Kesulitan didapat saat guru menyampaikan materi pecahan, siswa juga mengalami kesulitan pada operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dimana dalam metode ini melibatkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV MI di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan LKS berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan kelas IV. Uji coba lapangan awal, respon siswa rata-rata sangat baik, dan interpretasi hasil belajar sedang. Hasil uji coba lapangan, respon siswa rata-rata sangat baik, dan rata-rata interpretasi belajar sedang. Uji pelaksanaan lapangan, dalam uji normalitas data awal X^2hitung < X^2tabel maka H0 diterima, data berdistribusi normal. Hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan penghitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung = 7,624 dan t_tabel pada taraf signifikan 5% dan dk = (29+30-2) = 57 diperoleh t_tabel = 1,68. Oleh karena t_hitung > t_tabel hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika materi pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari pada hasil pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Bilangan Pecahan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 08 Sep 2018 07:11
Last Modified: 08 Sep 2018 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item