PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 LIRIH INDRIYANTI SAPUTRI NIM : 1423301100

LIRIH INDRIYANTI SAPUTRI, 1423301100 (2018) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 LIRIH INDRIYANTI SAPUTRI NIM : 1423301100. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
LIRIH INDRIYANTI SAPUTRI_COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
LIRIH INDRIYANTI SAPUTRI_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TI~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Pendidikan Inklusi adalah sebuah trobosan untuk memberikan kesempatan kepada Anak Berkebutuhan Khusus untuk belajar bersama dengan anak-anak normal yang lainnya dalam satu kelas. Mereka belajar bersama-sama dengan anak-anak SD N 5 Arcawinangun Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Ini adalah salah satu diantara sekolah yang menyelenggarakan pendidikan Inklusi. Proses pembelajaran pada kelas inklusi di SD N 5 Arcawinangun dilakukan dengan berbagai penyesuaian terhadap komponen-komponen pembelajaran. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD tersebut dirasa sudah cukup berhasil, sehingga menarik untuk diketahui lebih lanjut dalam proses pembelajarannya. Selain itu juga sulitnya untuk menanamkan materi Pendidikan Agama Islam apalagi terhadap Anak yang Berkebutuhan Khusus. Maka dari uraian diatas rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di SD N 5 Arcawinangun Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi ini akan membahas tentang komponen-komponen pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara adalah salah satu metode untuk mendapatkan penjelasan langsung dari narasumber yang dapat menggambarkan proses pembelajaran PAI di SD N 5 Arcawinangun. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD N 5 Arcawinangun yang dilaksanakan oleh guru dan siswa meliputi materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kemudian metode dokumentasi yang menghasilkan data tentang keadaan SD N 5 Arcawinangun melalui dokumen yang ada di SD tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SD N 5 Arcawinangun disesuaikan berdasarkan ABK, sehingga komponen-komponen pembelajaran dari materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran bersifat fleksibel.Materi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus sama dengan materi yang disampaikan kepada siswa normal. Hanya saja, materi dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus di kelas tersebut.Kemudian untuk metode, guru PAI di SD Negeri 5 Arcawinangun dalam menentukan metode pembelajaran sudah dapat diterapkan untuk ABK sekaligus anak normal lainnya yang berada dalam satu kelas secara fleksibel. Biasanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI itu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, drill, dan penugasanSelanjutnya ialah media pembelajaran yang biasa dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI di kelas inklusi antara lain juz amma, Al Qur’an, dan buku-buku agama yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.Unsur penting lainnya dalam proses pembelajaran PAI di kelas inklusi adalah evaluasi dan penilaian. Evaluasi adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas dalam pendidikan Islam. Evaluasi merupakan penjelasan tentang suatu aspek yang dihubungkan dengan situasi aspek lainnya sehingga diperoleh gambaran menyeluruh dari berbagai segi. Evaluasi untuk siswa berkebutuhan khusus sama dengan evaluasi yang diberikan kepada siswa normal Key word : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Sep 2018 01:20
Last Modified: 06 Sep 2018 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item View Item