IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS

Laili Faizah, 1123308095 (2018) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAILI FAIZAH_IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum suatu proses siklus, yang tidak pernah ada starting dan tidak pernah berakhir. Hal ini desebabkan pengembangan kurikulum itu merupakan suatu proses yang tertumpu pada unsur-unsur dalam kurikulum, yang di dalamnya meliputi tujuan, isi (materi), metode, organisasi dan penilaian itu sendiri Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan optimalisasi komponen-komponen pendidikan. Salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum merupakan komponen yang esensial dalam pendidikan. Untuk membangun karakter yang bisa membentuk watak dan mental manusia yang bisa mengatasi keadaannya yang didesain oleh kekuatan dari luarnya. Pendidikan adalah proses pembangunan karakter. Pembangunan karakter adalah proses membentuk karakter, dari yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh-kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Alloh untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum madrasah dalam pembentukan karakter unggulan siswa yaitu karakter unggulan yang berhubungan dengan Allah, manusia , alam , kecerdasan dan kedisiplinan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum dalam pembentukan karakter unggulan siswa sudah dilaksanakan dengan baik di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Salah Satunya yaitu dengan adanya kebijakan Madrasah mengenai progam pengembangan bakat siswa, ibadah, dll. Kata Kunci: Pengembangan kurikulum, Pembentukan Karakter unggulan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum, Pembentukan Karakter unggulan siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:53
Last Modified: 05 Sep 2018 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item