UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM ANALISIS PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PURBALINGGA

NOVI PUJI ASTUTI, NIM.1522203080 (2018) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM ANALISIS PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PURBALINGGA. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVI PUJI ASTUTI_ UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI ACCOUNT OFFICER (AO).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan bank konvensional. Salah satu perbedaan yang tampak adalah pada proses pembiayaan yang menghindari unsur riba. Proses pembiayaan memerlukan seorang tenaga kerja yang handal dan mengerti tentang ilmu perbankan dan kesyariahan. Oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia yang sesuai dengan kapabilitas di bidangnya. Selain itu haruslah memiliki kompetensi yang baik dalam hal syariah. Akan tetapi pada kenyataannya, banyak di antara sumber daya manusianya yang ada kurang memiliki latar belakang da pemahaman yang sesuai dengan bidang syariah, yang mengakibatkan ketidaksesuaian antara standar pelayanan dan praktik nyatanya. Salah satunya adalah sumber daya untuk mengisi posisi account officer. Untuk itu diperlukan beberapa upaya yang perlu diilakukan guna meningkatkan kompetensi para sumber daya manusia. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian langsung ke tempat penulis melaksanakan penelitian. Selain mengamati obyek penelitian, penulis juga melakukan wawancara langsung kepada narasumber yang menguasai materi penelitian.dalam pengolahan data, penulis menggunakan metode reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah agar penulis dapat mengkaji lebih dalam terkait upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya account officer (AO), sehingga pelaksanaan analisis pembiayaan yang berlaku bisa sesuai dengan standar dan sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Purbalingga memiliki upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya account officer (AO). Antara lain seperti kegiatan 4DX, meeting pagi yang dilakukan secara rutin, LGD atau Leader Group Discuss, berupa grup diskusi para account officer, BSP atau Basic Staff, program yang memperkenalkan 4 pilar penting dalam Bank Syariah Mandiri seperti pilar operasional, pilar bisnis, pilar collection, dan pilar pilar resiko. Terakhir adalah BFRR atau Basic Financing Risk and Retail, yang mengajarkan kegiatan pembiayaan dan tugas seorang account officer dalam pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Account Officer, Sumber Daya Manusia, Kompetensi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 17 Sep 2018 00:12
Last Modified: 17 Sep 2018 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item