ANALISIS DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

IKA RESTI APRILIANINGRUM, NIM.1423301185 (2018) ANALISIS DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IKA RESTI APRILIANINGRUM_ANALISIS DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sangat ditentukan keberhasilannya oleh ketrampilan guru dalam mendesain pembelajaran. Menyadari bahwa pembelajaran yang tidak didesain secara sistematis tidak dapat memperoleh hasil yang maksimal dan keberhasilan pelaksanaaan pembelajaran bergantung pada sejauh mana pembelajaran itu didesain atau direncanakan. Namun tidak semua guru atau pendidik berkesempatan untuk melakukan desain dan menganggap bahwa pembelajaran yang hendak dilakukan sudah dapat dikuasai sehingga merasa tidak perlu didesain atau direncanakan. Kajian ini dilatarbelakangi dengan desain rencana pelaksanaan pembelajaran untuk kurikulum 2013 dan format RPP kurikulum 2013 yng mengcau pada permendikbud No.22 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai desain RPP kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan format RPP kurikulum 2013 permendikbud No. 22 Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari guru mata pelajaran PAI, Kepala sekolah, yang ada di SMP Negeri 1 Jatilawang Hasil penelitian itu menunjukan bahwa mendesain RPP sudah dilakukan guru sebelum pembelajaran berlangsung untuk satu tahun pelajaran yaitu dengan model desain pembelajaran pencapaian kompetensi (DP-PK). Format RPP kurikulum 2013 RPP guru PAI SMP Negeri 1 Jatilwang dengan RPP Format permendikbud No.22 Tahun 2016 dengan sudah beberapa format yang sesuai yang wajib memuat Penguatan pendidikan karakter, literasi, 4C, dan HOTS (Higher of Thingking Skill) dan secara rutin dilakukan validasi untuk RPP setiap satu tahun sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, Format RPP permendikbud No. 22 Tahun 2016
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:12
Last Modified: 05 Sep 2018 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item