EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE QIRAATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

USWATUN KHASANAH, NIM.1423301163 (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE QIRAATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
USWATUN KHASANAH_EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE QIRAATI DI TAMAN PEND.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Jika prosesnya baik maka hasilnya akan baik. Evaluasi dalam pembelajaran memberikan manfaat kepada berbagai pihak seperti siswa, guru, sekolah/lembaga pendidikan, masyarakat dan pemerintah. Membaca meupakan kewajiban bagi setiap muslim yang berakal dan dewasa. Dalam membaca al-Qur‟an perlu diadakannya evaluasi yang dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui dan memantau perubahan serta kemajuan peserta didik setelah menyelesaikan materi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pelakasanaan dan hasil evaluasi pembelajaran membaca di TPQ Al Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas?, yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala TPQ dan guru kelas atau guru pengampuh jilid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini tergolong dalam penelitian lapangan (filed research) dengan mengumpulkan data langsung dari lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran di TPQ Al Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan ialah metode wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa dalam pelaksanaan evaluasi di TPQ Al Falah melaksanakan 3 tahap evaluasi yakni evaluasi harian, evaluasi kenaikan kelas/jilid dan Imtihan Akhir Santri (IMTAS). Dalam pelaksanaan evaluasi berlangsung sesuai prosedur dan prinsip-prinsip yang digunakan antara lain terus-menerus, keseluruhan, objektif, LCTB dan M3. Hasil evaluasi yang dilaksanakan di TPQ Al Falah sudah baik yang diperngaruhi oleh 3 faktor utama yaitu Ustada/Ustadzah, Santri dan Teknik Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Membaca al-Qur’an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Sep 2018 00:34
Last Modified: 03 Sep 2018 00:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item