KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V (UMAR BIN KHATAB) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANYUMAS

APRIYANA FAUJIYAH, NIM. 1423305185 (2018) KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V (UMAR BIN KHATAB) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL ,BAB1,BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX full pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang memuat beberapa mata pelajaran dalam satu kali pembelajaran. Salah satu ciri dari pembelajaran tematik yaitu siswa dapat mengkomunikasikan ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari. Sehingga penting sekali bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicaranya. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas V (Umar bin Khatab) pada pembelajaran tematik di MIN 1 Banyumas. Data untuk mengetahi kemampuan berbicara siswa kelas V (Umar bin Khatab) pada pembelajaran tematik di MIN 1 Banyumas penulis peroleh dari beberapa sumber diantaranya wali kelas V (Umar bin Khatab), kepala madrasah dan siswa kelas V (Umar bin Khatab). Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran tematik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana peneliti mengumpulkan informasi berdasarkan suatu gejala yang ada pada saat penelitian. Penelitian lapangan ini bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan penggalian data yang penulis lakukan kemudian penulis menganalisis data tersebut sehingga dapat diperoleh informasi dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran tematik siswa dituntut untuk selalu aktif, hal tersebut dikarenakan pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik, dimana dalam pendekatan saintific tersebut melibatkan proses 5 M yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Melalui pembelajaran tematik maka dapat diketahui kemampuan berbicara siswa yang meliputi mampu melafalkan kata atau kalimat dengan tepat, mampu menggunakan tempo, jeda, dan suara sesuai dengan isi, mampu membuka dan menutup pembicaraan sesuai dengan konteks pembicaraan, mampu memaparkan inti pembicaraan secara runtut, memiliki sikap tubuh yang tegap, tidak dan percaya diri ketika berbicara, dan mampu menguasai topik pembicaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Tematik, MIN 1 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:27
Last Modified: 20 Aug 2018 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item