IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI RUMAH QURAN AL-ISTIQOMAH REDJO MULYO PURBALINGGA KIDUL

KHUSNI ZUHROTUL UMNIAH, NIM. 1423301015 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI RUMAH QURAN AL-ISTIQOMAH REDJO MULYO PURBALINGGA KIDUL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
KHUSNI ZUHROTUL UMNIAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia pendidikan dalam bidang agama Islam salah satunya adalah pembelajaran Al-Quran. Agar umat Islam mampu membaca Al-Quran dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan yang benar, maka perlu diadakan pembelajaran Al-Quran bagi seluruh umat Islam. Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul merupakan lembaga pendidikan yang mengutamakan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode Ummi yang bertujuan untuk melahirkan generasi Qurani dengan menanamkan Al-Quran pada peserta didik untuk dijadikan sebagai pedoman dan pandangan hidup sehari-hari serta bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang mampu membaca Al-Quran dengan tartil dan mengamalkannya dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Pembelajaran Al-Quran yang digunakan di Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul menggunakan metode Ummi karena metode tersebut cocok diterapkan agar peserta didik mampu membaca Al-Quran dengan tartil. Metode Ummi langsung diterapkan ketika Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul berdiri. Dalam penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode Ummi di Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul yang sekaligus menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah penulis dapat mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode Ummi di Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul. Objek penelitian ini adalah implementasi metode Ummi sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data dan verifikasi data. Sedangkan untuk keabsahan data penulis melakukan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode Ummi di Rumah Quran Al-Istiqomah Redjo Mulyo Purbalingga Kidul sudah berjalan baik dengan standar yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation. Metode Ummi yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Quran mampu menjadikan santri yang berkualitas dalam membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid dan tartil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca Al-Quran, Metode Ummi, Metode Belajar Al Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 08 Aug 2018 00:19
Last Modified: 08 Aug 2018 00:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item