DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU SD NEGERI 1 BOJONG KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

SYARIFAH NUR ISTIANTI, NIM. 1423303032 (2018) DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU SD NEGERI 1 BOJONG KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
SYARIFAH NUR ISTIANTI_DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL T.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu aspek penentu dinamisasi sebuah sekolah, di mana peran dan fungsi kepemimpinan sangat dibutuhkan. Melalui penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah akan menimbulkan kinerja guru yang berbeda. Ketika kualitas fungsi dan peran kepemimpinan ditingkatkan, maka besar kemungkinan kinerja guru juga terjadi peningkatan. Karena keduanya memiliki hubungan. Sama halnya gaya kepemimpinan yang dipraktekan oleh kepala SD Negeri 1 Bojong yang cenderung transformasional, ketika intensitas kualitasnya ditingkatkan maka akan berdampak kepada kinerja gurunya. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah apakah terdapat dampak kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru SD Negeri 1 Bojong?. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri 1 Bojong. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat dampak kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru SD Negeri 1 Bojong, dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel, yaitu sebesar 7, 672 yang menunjukkan adanya dampak dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Besar dampak yang ditimbulkan dari praktik kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan mutu kinerja guru yaitu sebesar 28,8%. Hasil analisis regresi dapat menunjukkan jika kualitas kepemimpinan transformasional ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan pula terhadap mutu kinerja guru di SD Negeri 1 Bojong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:37
Last Modified: 09 Aug 2018 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item