WAHYUNI EKA SOFRIYANA, NIM. 1423305178 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI MA’ARIF NU 01 GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ BAB I_BAB V _DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI MA'ARIF NU 01 GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPAT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dengan adanya arus globalisasi yang semakin pesat, seluruh aspek kehidupan tidak ada batasnya. Baik dari segi pergaulan, alat komunikasi, dll. Masa remaja meruoakan masa pencarian jati diri, sehingga anak perlu di arahkan kepada hal-hal yang positif. Tugas pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai positif agar dapat dijadikan pondasi peserta didik.Salah satu caranya dengan menghafalkan AlQur‟an. Menghafalkan Al-Qur‟an sangat mudah diterapkan untuk anak-anak, terbukti dari zaman para sahabat sampai sekarang banyak yang telah hafal Al-Qur‟an diusia belia. MI Ma‟arif NU 01 Gununglurah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di kecamatan Cilongok, dimana sekolah tersebut telah menerapkan program Tahfidzul Al-Qur‟an dengan metode yang berbeda dengan sekolah yang lain. Walaupun berada terletak dekat pegunungan tetapi sekolah tersebut menjadi sekolah unggulan di daerahnya. Diterapkannya program Tahfidzul Qur‟an agar anak lebih sering membaca Al-Qur‟an serta lebih mencintai Al-Qur‟an serta mendalami isi kandungan Al-Qur‟an. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif yaitu data reduction, data display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Tahfidzul Qur‟an di MI Ma‟arif NU 01 Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas terdiri dari tiga kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Tahfidzul Qur‟an tersebut menggunakan tiga metode dengan digabungkan menjadi satu waktu yaitu metode tahfidz, takrir dan muroja‟ah. Metode tahfidz dilaksanakan pada awal dan akhir pembelajaran, Metode takrir dilakukan waktu pertengahan pembelajaran, sedangkan metode muroja‟ah pada saat akhir pembelajaran. Metode takrir dilakukan dengan menunjuk siswa satu persatu, metode muroja‟ah dengan bersama-sama seluruh siswa. Metode tersebut dapat berjalan dengan lancar walaupun dengan jam pelajaran sepulang sekolah dan berlatarbelakang dari siswa yang bukan berasal dari pesantren. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses menghafal dikelompokan menjadi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program, Tahfidzul Qur’an |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 00:17 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 00:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4075 |
Actions (login required)
View Item |