PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AL-ISTIQOMAH DESA GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

FEBRIYANI NURUL ISTIKMALAH, NIM. 1423301316 (2018) PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AL-ISTIQOMAH DESA GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
FEBRIYANI NURUL ISTIKMALAH__Penggunaan Buku Iqra’ Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah merupakan lembaga pendidikan non formal yang telah melakukan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sejak tahun 1993 menggunakan buku Iqra’ sebagai sumber belajar utamanya. Dengan digunakannya buku Iqra’ dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah sudah banyak anak-anak yang telah lulus atau selesai mempelajarai buku Iqra’ dengan waktu yang singkat dari jilid satu samapai enam pada usia anak-anak, sehingga ketika mereka memasuki jenjang sekolah dasar dan seterusnya mereka sudah bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan lancar. Penelitaian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed research) yang bersifat kulaitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumantasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu Pengasuh TPQ ,Ustadzah TPQ dan santri TPQ juga pengamatan terhadap pengguanaan buku Iqra’ dalam Pembelajaran baca tulis Al-Qur’aan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah. Analisis data yang digunakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah adalah reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas sudah berjalan dengan baik yaitu dengan memaksimalkan penggunaan Buku Iqra’ sebagai sumber belajar utamanya. 2) Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah dilaksanakan dalam tiga kelas, yaitu (a) kelas dasar untuk santri belajar huruf hijaiyah berharakat fathah, buku Iqra’ yang digunakan adalah buku Iqra’ jilid 1 dan jilid 2. (b) kelas menengah untuk santri belajar huruf berharakat tanwin dan sukun, buku Iqra’ yang digunakan adalah buku Iqra’ jukid 3 dan jilid 4. (c) kelas atas merupakan kelas terahir yang mempelajari antra lain bacaan tajwid, waqaf dan tasydid. Buku Iqra’ yang digunakan adalah buku Iqra’ jilid 5 dan jilid 6. Pada 3 kelas tersebut pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 01 Aug 2018 00:25
Last Modified: 01 Aug 2018 00:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item